Saturday 14 May 2016



ISTIMEWANYA JADI CEWEK
Nama gue Putrian Dera Lestari, Mahasiswa di Universitas negeri kota  ini, iiiih bangga banget rasanya ngenalin diri sebagai Mahasiswa, gue disini gak sendiri, maksud gue di rumah sempit ini, kita ngekost bertiga,, nah ini dia sahabat gue yang dari SMA, hobbynya ngekor mulu(jangan sampek ketauan ya)
ini Sisil, Silsila Dewita Sari anak bungsu dari keluarga Pak Su,,, “Der, gak usah ngenalin bokap gue, biar mereka cari tau sendiri deh”  Sisil punya kakak cowok yang tampangnya hmmm Kereeen banget, jadi ingat masa-masa SMA dulu, apa-apa ke rumah Sisil, alasan nya ngerjain tugas taunya mau ngelirik kakaknya J tapi sayang gara-gara ke kererannya itu sekarang dia menjabat sebagai ketua genk Playboy, nyadar diri banget sih???
Dan ini satu lagi sahabat gue,  Vinna Denisa yang sumpah cah ayu banget , gue sendiri bingung kenapa gue gak bisa sefeminin dia sih??? Okeh mungkin nyokap emang lebih senang dengan keadaan gue yang sekarang ini, secara kita itu 4 bersaudara dan itu cewek semua sejak masih SD aja gue sering di kiraain cowok, karena ulah mama tuh yang selalu makein gue celana, mana Rambut gue gak pernah panjang lagi, lengkap lah sudah
                                                                        ****
First Weekend On September Mont, bukannya nyantai gue malah di boyong ke lapangan deket Kampus nih sama 2 sahabat gue, alesannya di sini banyak cowok ganteng, bukannya itu gak ngaruh yah?? Mereka juga gak bakalan tertarik lah sama gue, bukannya cowok itu sukanya sama cewek yang kayak Vinna?? Uuh seumur hidup cowok yang paling deket sama gue itu Cuma ada 2 orang, pertama Papa dan kedua Ceo sahabat kecil gue yang entah berada dimana sekarang?? Oke ini bukan cerita tentang gue yang lagi nyari temen kecil gue, lagian gue juga udah lupa kok tampangnya gimana, jadi lupain aja deh.
“Der,, vin sini” ajak Sisil, dia lagi gabung sama anak basket, spontan mereka juga ngeliatin kita, Ralat Vinna maksudnya, yaiyalah Vinna kan Cantik, feminin pokoknya cewek banget deh, sedangkan gue?? Mungkin kalo dari kejauhan 10 meter baru gue itu bakal keliatan mirip sama merekaL
(Binti cowok banget) “Hey, kenalin sahabat gue nih” kata Sisil, kayak lagi promosi aja
Mereka cepet-cepet berebut salaman sama Vinna sedang gue di cuekin gitu aja
“Farhan, anak Fak ekonomi yah??” tiba-tiba ada juga yang ngeh sama kehadiran gue di sini, saat ngeliat wajahnya gue sempat mematung untuk beberapa detik, bukan karena cowoknya kegantengan, tapi gue lagi mikir keknya gue pernah liat ini cowok, tapi dimana?? Gue bener-bener lupa,
“Hmmm, Dera, iya kok loe tau??” heran juga, tau dari mana dia gue di Fak ekonomi??
“Sama, dan kalo gak salah loe yang kemaren nyasar ke barisan cowok bukan??” OMG jadi bener dia ini Senior belagu yang kemaren bentak-bentak gue?? Gara-gara gue salah masuk barisan lagian yang nyuruh gue berdiri di situ kan juga dia, tapi sekarang kenapa tampangnya jadi lebih cool yah??
“Bukan salah masuk barisan, tapi di paksa masuk :p” protes gue, gak terima dong di bilang nyasar??
                                                                        ****
“Lesu amet loe Der” tanya Vinna saat gue gabung di kantin “ Tau nih, lagi ada masalah??” timpal Sisil membuat gue bener-bener pengen numpahin semua ke-Bete-an gue  “Hahah bukan masalah besar kali :p” respon Vinna Setelah gue selesai cerita “Loe tenang aja, soal gaun itu gampang, tapi yang lagi gue pikirin itu loe bisa gak jadi Cinderella??” Iya mana ada Cinderella Tomboy kayak gue, lagian acara penyambutan masasiswa baru kok macem-macem aja sih??  harus pakek gaun ala Cinderella lah ribet amet “Okeh gue cewek kok, dan loe Vin gue serahin semuanya sama loe” sembur gue akhirnya, sedang mereka berdua sudah terkikik geli , lucu yah kalo gue jadi salah satu dari kalian??? gue kan juga CEWEK !!!!
“Eh,, Yogi, Yogi” tunjuk Sisil merubah topik pembicaraan,
“Dia sama siapa tuh??” tanya Vina heran melihat Yogi jalan gak sendirian,
“Paling juga cewek barunya, Sabar ya Der,  lagian loe sih masak naksir sama dia, udah tau dia playboy” Yogi itu cowok yang hampir 2 setengah tahun gue taksir selama di SMA dulu dan gak tau setiap liat Yogi gue selalu pengen nyanyiin lagu Rosa yang satu ini nih
Ku menunggu, ku menunggu kau putus dengan kekasihmu
Tak akan ku gannggu kau dengan kekasihmu ku kan selalu di sini untuk menunggu mu
Tapi mau sampe kapan???
“Hey Sil, hai Vin , Dera..” Tiba-tiba Farhan udah berdiri di depan kita, sok ramah gitu lagi??
“Eh kak Farhan, gabung dong” Sahut Sisil, sambil mempersilahkannya duduk
“Iya, apa kabar Der?” tanyanya mengarah ke gue, hah.... dia nanyain gue nih?? heran aja biasanya di antara kita bertiga yang paling gak di anggap ya gue, (perasa banget)
“Hmm, baik kok”
“Baik apanya dia lagi bingung ni kak, masak acara penyambutan Mahasiswa baru Fakultas kalian musti pakek gaun??” Tancap Sisil gak pakek rem,
“Kok malah bingung? Dera, dera,,, anak-anak yang lain pada seneng, katanya ini bukan bagian acara ospek, tapi lebih mirip pesta dansa, lah loe kok aneh sendiri??” ledek Farhan
“Ahh bodo, gue gak ikut aja deh”
“Eh, gak bisa gitu dong, loe bakal di hukum kalo gak ikut” jiaaah ada hukuman segalak??
“Iya, malah akibatnya bisa lebih fatal, loe bisa-bisa gak bisa ikut sidang entar” ancam Farhan seraya memasang ekspresi seolah itu adalah hal yang paling ditakutkan oleh semua orang
“Kok gue gak pernah denger ya? ada syarat begituan” Vinna ikutan heran dengan apa yang barusan disampaikan Farhan, bukannya menjelaskan Farhan malah beringsut mendekati Vinna sambil berbisik sesuatu gue asli penasaran banget, Vinna seketika terbelalak dan langsung bungkam hingga Farhan berlalu dan sampai saat kita sudah pulang ke Kost pun Vinna masih gak mau buka mulut, padahal gue udah pakek segala cara buat buka itu mulut si Vinna sampek-sampek ngerencanain buka pakek obeng loh serius!!! (gue bohong) bisa di culik polisi gue kalo berani buka pakek obeng segala,
“Udah deh Der, biarin aja dulu Vinna bungkam. Ini juga gara-gara loe kan” wiiih bukannya ngebantu Sisil malah ikut-ikutan, akhirnya gue milih ngeceng di dapur sambil nyoba-nyoba resep baru untung gue pinter masak, kalo gak bisa mati masuk angin kita tiap hari dimasakin Mie instan sama Sisil, kalau Vinna sih sama sekali gak bisa masak, ke dapur aja jarang untung loe cantik Vin nah gue?? luarnya boleh tomboy tapi dalemnya gue cewek banget lah, nyokap gue asli pinter masak dan buka jasa catering buat acara-acara besar nah di situlah gue yang emang udah hobby main di dapur ketimbang ngikut kakak-kakak gue buat ke Mall lah, salon lah, segala macam pokoknya gue lebih betah di dapur nemenin nyokap.
“Awas ya kalo makan makanan gue entar” ancam gue sembari meninggalkan mereka yang sepertinya tambah kompak ngasingin gue seorang diri -_-
“Ihhh..., gak bakalan, paling dihabisin semuaaa” teriak Sisil dari ruang tengah menembus dinding dapur, gue cuma bisa melet-melet lagian mana mungkin gue serius biarin mereka gak makan?
***
“Ihhh jangan menor-menor amet dong, gue maluuu” entah untuk keberapa kalinya gue ngerusak karya seni Vinna yang di lukis di wajah gue, Sisil untuk kesekian kalinya juga kewalahan megangin tangan gue yang gak pernah diam, “Aduuuh Der plise deh, gue juga gak bakalan mungkin dandanin loe kayak ondel-ondel kok tenang aja deh” sahut Vinna kesal, “Tau ni, mana ada Cinderella yang Cuma pake bedak tabur doang ke pesta hah?? gak ada tau” perjelas Sisil sembari kembali megangin tangan gue yang kelayapan kemana-mana “ Aduh tapi, beneran deh gue gak bakalan PD kalau dandanan gue kayak begini” OMG sumpah, ini kali pertama gue di paksa pake segala peralatan make up lengkap ala Vinna bahkan saat acara resepsi pernikahan Kakak sulung gue aja, gue Cuma pakek kaos besar plush jins dan asli gue gak di izinin keluar sama sekali saat itu.
Tadaaaaa
“Waaah loe cantik banget Der” pekik Sesil saat gue keluar dari kamar, dan gue udah pake Gaun panjang sampek ngepel lantai, gue masih gak yakin sama penampilan gue, “Ya dong kan gue yang dandanin” Vinna dengan bangga muncul dari belakang gue sembari menerbang-nerbangkan ekor gaun yang tadi gak sengaja gue injak itu. “Kalian gak lagi becanda kan? gue gak nyaman banget ni -_-“ tanya gue masih berharap bisa kabur ke kamar buat ganti baju. “Udah deh, bikin hari ini jadi hari special buat loe, sehari aja oke!!!” Sisil berkata mantap sembari menepuk bahu gue, terlihat jelas mereka tulus ingin merubah gue, meski cuma sehari ini aja, “Dan buat Yogi ngelirik loe J” timpal Vinna menyemangati, tapi gue yakin secantik apapun gue hari ini , pasti cewek gandengan Yogi  jauh lebih menarik dibanding gue L akhirnya dengan bantuan kedua sobat gue ini, kita berangkat menuju Kampus, acara penyambutan Mahasiswaa Fakultas Ekonomi dengan tema aneh ini sengaja di buat di Kampus untuk mempermudah semua mahasiswa untuk datang, Sisil dan Vinna tentu gak boleh masuk soalnya mereka bukan mahasiswa Fakultas Ekonomi, jadinya mereka Cuma nganterin gue sampe gerbang Aula Kampus “Semangat Der, eh putri Dera ku yang cantik :p” tutur Sisil dengan senyum di kulum, Vinna masih memegangi ekor gaun ku yang entah dimana didapatkannya gue cuma terima beres doang. Setelah menarik nafas dalam-dalam akhirnya gue melangkah masuk, acara masih akan dimulai setengah jam lagi, gue sengaja datang cepat biar bisa nemuin posisi tepat biar gak jadi pusat perhatian juga, baru beberapa langkah masuk ternyata ruang Aula sudah hampir penuh dengan mahasiswa/i yang hadir, memang benar acara ini lebih mirip pesta dansa di bandingin acara Kampus seperti biasanya. Tampak dari jauh beberapa mata memperhatikan kehadiran gue, dengan terseok-seok gue narik ujung Gaun gue yang masih ketinggalan 2 meter di belakang, sepasang mata dari kejauhan memandang tabjub ke arah gue, tapi gue terlalu sibuk buat ngurus gaun dengan ekor panjang ini sampek-sampek gue gak liat ada orang yang  lagi membawa nampan dengan gelas bersusun diatasnya, tampa bisa dicegah Braaak. . ., beberapa gelas jatuh dengan air tumpah keseluruh badan gue, Gaun, dandanan gue sempurna ancur berantakan dengan kaget bercampur segala rasa aneh yang mulai menyergap otak, gue sempat ngeliat orang yang berdiri di dekat gue Yogi ia Yogi, dia ngeliatin gue dengan tatapan jengah, ilfil dan (AAAAAAA) memalukan pokoknya, tanpa bisa melihat ke arah manapun gue mencoba bangkit buat kabur dari acara ini, gue udah terlalu malu buat hadir di sini, gak ada lagi harapan untuk menjadi Cinderella di Pesta ini, gak ada lagi harapan membuat Yogi sedikit aja ngelirik atau tau kalau gue ini ada L. Saat gue dengan penuh perjuangan bangkit tiba-tiba sebuah tangan mengulur lembut, menyingkirkan serpihan-serpihan gelas yang tadi sempat bertebaran di lantai yang hampir mengenai gue, dengan cekatan ia langsung menarik gue menjauh dari kerumunan orang yang kebanyakan hanya penasaarn dengan keributan tersebut tanpa berniat menolong sama sekali.
***
Tanpa bisa dicegah gue menangis sejadi-jadinya di bangku taman, menyesali dengan apa yang baru saja terjadi, gue bener-bener malu bahkan gue gak berani buat mengangkat kepala melihat siapa orang yang sudah berbaik hati menolong gue pergi dari tempat menyedihkan itu
”Loe cantik banget hari ini Der” di sela-sela tangis gue, orang tersebut masih bisa mengagumi sisa-sisa dandanan mahakarya Vinna yang mungkin berhasil menyulap mata orang untuk beberapa detik tadi, “Gue tau gue ini menyedihkan sekarang, loe gak usah nyemangatin gue” dengan kesal gue melontarkan kata-kata itu pada orang yang sudah berbaik hati tersebut, lebih baik berkata jujur dari pada harus menyembunyikan kebenaran- begitu pikir gue
“Gue serius Der, tapi meskipun loe gak dandan begini pun bagi gue setiap hari loe udah cantik” Farhan senior yang baru beberapa hari ini hadir dalam kehidupan gue ternyata dia yang nyelamatin gue dari bencana di ruang aula, dan tiba-tiba datang dengan sisi lain yang belum pernah gue kenal “Kenapa harus loe?” tanya gue masih belum percaya, orang yang seharusnya gue harapkan bahkan enggak pernah mandang gue sebagai cewek, kenapa tiba-tiba malah Farhan yang ada saat-saat seperti ini?
 ***
“Hey, kenalin sahabat gue nih” saat semua berebut buat bisa kenalan sama cewek cantik itu, Farhan malah merasa tertarik dengan cewek unik di sebelahnya itu, cewek yang tampak tidak asing, dan setelah diingat-ingat ternyata benar cewek itu adalah adek letingnya yang kemarin sempat menarik perhatiannya karena tingkah lucunya :D  
“Eh,, Yogi, Yogi” sayup-sayup Farhan mendengar 3 gadis yang sedang duduk di kantin itu bercerita, tanpa bisa di cegah Farhan tertarik untuk terus mendengar dari jarak yang cukup aman untuk diketahui oleh ketiganya tapi saat sebuah nama itu disebut ada rasa ngilu yang tiba-tiba menyergap hatinya
“Dia sama siapa tuh??” wajah lucu yang sedari tadi Farhan perhatikan perlahan berubah murung seiring memalingkan pandangannya dari dua orang yang sedang berjalan sambil bergandeng tangan itu.
“Paling juga cewek barunya, Sabar ya Der,  lagian loe sih masak naksir sama dia, udah tau dia playboy” deg,, saat ini Farhan benar-benar bingung perasaan apa ini sebenarnya? Meski belum bisa terjelaskan namun hatinya benar-benar lebih jelas terasa perih sampai akhirnya ia memberanikan diri ikut bergabung, hanya untuk memastikan Dera tidak kenapa-kenapa
Tanpa bisa melepas pandangan pada Dera, Farhan langsung menanyakan kabar gadis itu. Dan ikut berbincang-bincang dengan Sisil dan Vinna sempat juga membuat Dera penasaran setengah mati saat Farhat sengaja berbisik sesuatu yang tidak penting pada Vinna untuk mengembalikan keceriaannya. Setiap detik setelah kejadian itu Farhan benar-benar tidak bisa menyingkirkan sosok Dera dalam ingatannya hanya gadis itu yang selalu muncul setiap ia mencoba menutup mata, sampai pada saat acara penyambutan Mahasiswa baru itu berlangsung, Farhan yang menjabat sebagai ketua panitia acara, di tengah kesibukannya mengurus agar acara berlangsung sukses, ia malah berubah membeku saat seorang gadis memasuki ruangan itu, dari kejauhan Farhan dapat melihat perbedaan yang sangat mencolok dari gadis yang biasa tampil apa adanya itu, tapi hari ini ia membuat semua orang, termasuk Yogi sadar akan kehadirannya dan itu membuat Farhan merasa tidak nyaman, merasa takut, tapi selang beberapa detik kemudian semua kekacauan itu terjadi hingga tidak dapat mencegah Farhan untuk segera membawa pergi gadisnya itu.
***
“Gue juga gak tau apa alasan gue, rasa ini datang tanpa bisa gue cegah, dan kenapa harus loe?? Mungkin karena loe adalah seorang CEWEK istimewa yang pernah gue kenal” tanpa bisa berkata gue benar-benar terkejut dengan apa yang baru aja gue dengar, tapi baru kali ini gue merasa menjadi bagian yang utuh dari seorang cewek, bisa di cintai oleh seorang cowok J
14 nov 2015 16.30

0 comments:

Post a Comment